TIM BANTUAN MEDIS AVERROES FKIK UNIB BERBAGI DAN EDUKASI: “BERTAUT DALAM PENGETAHUAN, BERBAGI DALAM KEBERSAMAAN” DI PANTI ASUHAN BUMI NUSANTARA 2 KOTA BENGKULU

Panti sosial asuhan anak adalah suatu lembaga usaha kesejahteraan sosial pada anak terlantar dengan melaksanakan penyantunan dan pengentasan anak terlantar, memberikan pelayanan pengganti orang tua/wali anak dalam memenuhi kebutuhan fisik, mental, dan sosial kepada anak asuh, sehingga mereka dapat memperoleh kesempatan yang luas, tepat, dan memadai bagi pengembangan kepribadiannya sesuai dengan yang diharapkan sebagai bagian dari generasi penerus cita-cita bangsa dan sebagai insan yang akan turut serta aktif dalam bidang pembangunan nasional.

Dalam aktivitasnya sehari-hari, anak panti asuhan menghabiskan waktu mereka untuk sekolah, belajar, mengaji, dan berbagai kegiatan positif lainnya. Sebagian besar dari mereka sudah terbiasa untuk melakukan aktivitas secara mandiri. Pada kondisi tersebut, anak-anak panti asuhan sebaiknya mendapatkan perhatian khusus tentang cara menjaga kesehatan, terutama saat berpuasa. Namun, keterbatasan sumber informasi dari orang tua, pengasuh, maupun media lainnya menyebabkan mereka perlu mendapatkan bimbingan untuk menerapkan kebiasaan yang baik agar dapat menjalani puasa dengan sehat dan bugar.

Pada hari Sabtu, tanggal 25 Maret 2023 di Panti Asuhan Bumi Nusantara 2 Kota Bengkulu pukul 15.45-18.45 WIB, telah diadakan kegiatan yang diadakan oleh Tim Bantuan Medis Averroes Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Bengkulu bersama dengan dr. Lala Foresta Valentine Gunasari, M. Biomed. sebagai narasumber. Kegiatan tersebut berupa penyuluhan untuk memberikan pengetahuan bagi anak-anak panti asuhan agar terbiasa melakukan kebiasaan yang baik selama puasa. Kebiasaan yang dimaksud antara lain: (1) menjaga kebersihan tubuh, tangan, kuku, dan gigi; (2) sahur dan buka puasa dengan makanan yang sehat, higienis, dan bergizi seimbang; (3) minum air yang cukup; (4) istirahat yang cukup; dan (5) berolahraga. Selain memberikan edukasi, disampaikan juga bantuan materiil berupa uang tunai, sembako, dan pakaian layak pakai kepada anak-anak panti asuhan yang merupakan sumbangan dari beberapa donatur.

Kegiatan berlangsung dengan cukup baik, materi yang dibawakan dapat tersampaikan dengan baik. Kegiatan sosialisasi/penyuluhan tentang informasi kesehatan seperti ini perlu disebarluaskan secara berkesinambungan demi tersampaikannya informasi yang tepat serta terbantahkannya informasi yang salah kepada seluruh lapisan masyarakat.

Penyampaian santunan dari donatur kepada pengurus Panti Asuhan

Pemberian bingkisan kepada salah satu audiens yang menjawab pertanyaan

Foto bersama audiens dan penyelenggara

Video Profil

E-Campus

Wisuda Online E-Paper Mail Unib E-Paper E-Learning E-Jurnal Portal Akademik Digilib

Pengunjung

Pranala Luar

Kemendikbud

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Free Medical Journal

Promoting free access to medical journal

Hindawi Pubishing Cooperation

Open Access journals across many areas of science, technology, and medicine

Ikatan Dokter Indonesia

Indonesian Medical Association - organisasi Profesi bagi dokter di seluruh wilayah Indonesia

MDPI – Open Access Publishing

MDPI (Multidisciplinary Digital Publishing Institute)