Rapat Kerja FKIK Universitas Bengkulu Tahun 2025

2025-03-06 HQ

Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Bengkulu (FKIK UNIB), melaksanakan kegiatan Rapat Kerja Tahun 2025 pada hari Kamis, 27 Februari 2025 yang dipimpin oleh Dekan bersama jajaran Wakil Dekan, serta dihadiri juga oleh Koordinator Program Studi Kedokteran, Sekretaris Program Studi Pendidikan Profesi Dokter. Selain itu, turut hadir seluruh Ketua Laboratorium, Ketua Unit, dan Komisi Etik Penelitian Kesehatan (KEPK), serta seluruh Dosen dan Tendik selingkung FKIK UNIB.

Dalam agenda Rapat Kerja, dipaparkan rencana program kerja dan target kinerja, baik dari Jajaran Dekanat, maupun masing-masing Ketua Laboratorium, Unit, dan KEPK FKIK UNIB. Terdapat 4 laboratorium (Riset, Biomedik, Skills, serta Lab IT & Audiovisual), dan 4 unit (UPM, MEU, UPPM, dan unit BK) yang mendukung aktivitas Tri Dharma Perguruan Tinggi di lingkungan FKIK Universitas Bengkulu. Rapat kerja diawali dengan penyampaian oleh Dekan terkait persiapan kegiatan visitasi AIPT yang akan dilaksanakan pada bulan April mendatang, dengan target “Akreditasi Unggul”. Selanjutnya, Dekan juga memaparkan langkah kebijakan serta arahan Rektor Universitas Bengkulu berkaitan dengan efisiensi anggaran yang terjadi di Kemendiktisaintek.

Pemaparan program kerja yang pertama disampaikan oleh Wakil Dekan Bidang Akademik, Dr. dr Dessy Triana, M.Biomed. Beliau menyampaikan target-target yang akan dicapai di bidang akademik pada tahun 2025 dengan tetap memperhatikan hal yang menjadi dasar kinerja yaitu IKU (Indikator Kinerja Utama) dan IKT (indikator Kinerja Tambahan). Target yang akan dilakukan terdiri dari penyesuaian Permendikbudristek No.53 Tahun 2023 Tentang Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi terhadap masa studi profesi, pengesahan naskah kurikulum baru, penertiban pemetaan departemen Prodi Kedokteran, evaluasi pelaksanaan TOT Tutor KKD, serta optimalisaasi rekognisi skripsi dan KKN tematik.

Pemaparan dilanjutkan oleh Wakil Dekan Bidang Sumber Daya; Dr. dr. Enny Nugraheni, M.Biomed, yang menyampaikan tentang arahan efisiensi anggaran Kemendiktisainstek sesusai dengan Inpres No 1 Tahun 2025 dimana Universitas Bengkulu memutuskan untuk melakukan pemotongan anggaran sebesar 60% setiap fakultas sebagai dampak dari efisiensi yang dilakukan oleh Kemendiktisaintek. Dengan anggaran yang sangat minim ini, menjadi PR yang sangat besar dimana FKIK tetap harus memprioritaskan anggaran untuk proses belajar mengajar, gaji, dan beasiswa. Setiap komponen yang ada akan dipotong proporsional dengan range 60-70 %. Khusus di bidang sumber daya akan menunda kegiatan yang belum prioritas seperti pemeliharaan gedung bangunan, taman, peralatan, mesin, kendaraan, perkantoran, perjalanan dinas.

Selanjutnya, Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Alumni, dan Kerja Sama; Mardhatillah Sariyanti, S.Si., M. Biomed mengawali pemaparan program kerja dengan menyampaikan beberapa evaluasi capaian kinerja tahun 2024. Alhamdulillah, FKIK meraih IKU 1 dan IKU 6 terbaik di Universitas Bengkulu. Beliau menyampaikan bahwa melalui koordinasi yang baik dengan alumni dan unit CDC (Carier Development Center) FKIK dalam meningkatan capaian pengisian tracer study (IKU 1), serta melalui koordinasi bersama UPPM dapat meningkatkan capaian jumlah kerja sama (IKU 6). Bidang Kemahasiswaan memiliki strategic goalspada 2 aspek utama, yaitu student development yang diimplementasikan melalui berbagai kompetisi (akademik dan non akademik), serta pengabdian kepada masyarakat; dan capacity buildingmelalui kegiatan training dan workshop bagi mahasiswa. Mahasiswa terus didorong dan dimotivasi untuk aktif mengikuti kompetisi, baik level regional, nasional, hingga internasional. Namun, adanya kebijakan efisiensi anggaran mengharuskan beberapa penyesuaian, terutama untuk kegiatan di tingkat nasional dan internasional yang dilaksanakan secara offline.

Selanjutnya pemaparan rencana kerja disampaikan oleh Koordinator Prodi Kedokteran, Sekretaris Prodi Pendidikan Profesi Dokter, Ketua Laboratorium Riset, Ketua Laboratorium Biomedik, Ketua Laboratorium IT dan Audiovisual, Ketua MEU, Ketua UPM, Ketua UPPM, Ketua BK, Ketua KEPK. Rencana kerja disampaikan oleh seluruh Laboratorium dan Unit dengan memaparkan program kerja rutin ataupun tambahan. Hal ini memperlihatkan bahwa walaupun dalam kondisi efisiensi anggaran namun seluruh Pengelola FKIK UNIB tetap optimis terutama dalam mempertahankan kualitas proses pendidikan. (HQ)

Dokumentasi Presentasi dari Ketua Laboratorium Riset, Biomedik, serta Lab IT & Audiovisual

Dokumentasi Presentasi dari Ketua MEU dan UPM

Dokumentasi Presentasi dari Ketua BK dan UPPM

Dokumentasi Presentasi dari Ketua KEPK

Marhaban Ya Ramadhan

E-Campus

Wisuda Online E-Paper Mail Unib E-Paper E-Learning E-Jurnal Portal Akademik Digilib

Pengunjung

Pranala Luar

Kemendikbud

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Free Medical Journal

Promoting free access to medical journal

Hindawi Pubishing Cooperation

Open Access journals across many areas of science, technology, and medicine

Ikatan Dokter Indonesia

Indonesian Medical Association - organisasi Profesi bagi dokter di seluruh wilayah Indonesia

MDPI – Open Access Publishing

MDPI (Multidisciplinary Digital Publishing Institute)