Wamenkes Hadir sebagai Pemateri Seminar yang diadakan Universitas Bengkulu

Pada hari selasa 13 desember 2022, Wamenkes RI yaitu Prof. dr. Dante Saksono H, Sp.PD-KEMD, Ph.D memberikan materi secara daring pada seminar yang diadakan oleh Universitas Bengkulu. Wamenkes hadir dalam rangka seminar yang berjudul “Determination of the excellent Service in Universitas Bengkulu Hospital”. Seminar ini diadakan dalam rangka persiapan pembangunan Rumah Sakit Pendidikan Universitas Bengkulu. Prof Dante menyampaikan beberapa kasus penyakit dengan angka kematian yang tinggi di Indonesia yang belum memiliki rujukan yang optimal karena akses masyarakat terhadap ketersediaan fasilitas dan mutu yang baik masih menjadi tantangan. Prof Dante berharap Rumah Sakit Universitas Bengkulu dapat berperan aktif dalam mengembangkan center of excellence dan kerjasama antar rumah sakit dengan tetap menjaga kualitas Rumah Sakit Pendidikan.

Selain Prof. Dante, narasumber lain dalam seminar ini adalah Presiden Perkumpulan Teknik Perumahsakitan Indonesia yaitu Prof. Dr. -Ing. Eko Supriyanto, P.H.Eng. serta  Plt. Direktur RS Udayana Prof. dr. I Wayan Aryabiantara, SpAn.KIC. Prof Eko menyampaikan bahwa konsep smart hospital mulai harus disiapkan dalam pelayanan kesehatan selain memang terintegrasi secara keseluruhan juga sebagai bagian dari layanan yang baik untuk pasien dan aman bagi tenaga kesehatan dan penyimpanan dokumen. Pembicara ketiga dalam seminar ini adalah dr. Arya beliau sharing tentang pendirian RS Pendidikan Universitas Udayana sejak mulai awal hingga saat ini beroperasi yang membutuhkan proses yang panjang.

Seminar ini dibuka langsung oleh Rektor Universitas Bengkulu, Dr. Retno Agustina Ekaputri, S.E., M.Sc. dan juga dihantarkan langsung oleh Ketua Project Management Unit RS Universitas Bengkulu Bapak Mukhlis Islam, ST, MT. Ketua Panitia dalam kegiatan ini Dr. dr. Enny Nugraheni, M.Biomed menyampaikan bahwa peserta pada kegiatan ini adalah Kepala Dinas Kesehatan Seprovinsi Bengkulu, Direktur RS Jejaring Fakultas Kedokteran Unib, Ketua IDI Wilayah dan Cabang Bengkulu, Kepala Puskesmas jejaring Fakultas Kedokteran Unib, Dekan selingkung Unib, Kaprodi serumpun ilmu kesehatan Unib, serta dosen di FKIK Unib. Kegiatan ini dimaksudkan untuk mendapatkan masukan terkait keunggulan Rumah Sakit Pendidikan Unib yang saat masih dalam persiapan pembangunan.

Masukan dari para pengambil kebijakan, para praktisi kesehatan, klinisi dan akademisi diharapkan dapat memberikan input positif dalam rangka pembangunan Rumah Sakit Unib sehingga bisa memberikan pelayanan terbaik dan menurunkan angka kesakitan dan kematian di Provinsi Bengkulu. (EN, 2022)

Video Profil

E-Campus

Wisuda Online E-Paper Mail Unib E-Paper E-Learning E-Jurnal Portal Akademik Digilib

Pengunjung

Pranala Luar

Kemendikbud

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Free Medical Journal

Promoting free access to medical journal

Hindawi Pubishing Cooperation

Open Access journals across many areas of science, technology, and medicine

Ikatan Dokter Indonesia

Indonesian Medical Association - organisasi Profesi bagi dokter di seluruh wilayah Indonesia

MDPI – Open Access Publishing

MDPI (Multidisciplinary Digital Publishing Institute)