Membanggakan! Mahasiswa FKIK UNIB Raih Gold Medal Dalam Ajang World Invention Competition and Exhibition (WICE) 2022

Tim mahasiswa FKIK UNIB kembali menorehkan prestasi gemilang dalam ajang bergengsi “World Invention Competition and Exhibition (WICE)” tahun 2022. Fisabily Layla Annisa yang akrab disapa Fisa merupakan mahasiswa FKIK UNIB angkatan 2020, sebagai ketua tim, serta dua orang anggota, yaitu Meutia Tri Lestari dan Alya Afifah Izwandi. Fisa berserta rekannya berhasil menyabet Gold Medal dalam kompetisi tingkat internasional tersebut. 
World Invention Competition and Exhibition (WICE) tahun 2022  diadakan di SEGi University, Damansara, Malaysia yang diprakarsai oleh  Indonesian Young Scientist Association (IYSA) dan  SEGi University. Ajang kompetisi WICE ini merupakan wadah yang tepat bagi para peneliti muda berbakat yang aktif, kreatif dan inovatif. Dalam pelaksanaan penelitian ini, Fisa bersama tim dibimbing oleh supervisor yang merupakan Dosen Mikrobiologi & Imunologi FKIK UNIB, yaitu Ibu Mardhatillah Sariyanti, S.Si, M.Biomed.

Kompetisi WICE tahun 2022 diikuti oleh lebih dari 300 peserta berasal dari 25 negara. Terdapat berbagai kategori lomba mulai dari jenjang pendidikan sekolah dasar hingga perguruan tinggi. Tim mahasiswa FKIK UNIB kali ini mengakat hasil penelitian mereka yang berjudul “Duslip (Durian Seed Lip Balm) as Antioxidant Lip Care”. 
Bibir sangat rentan terhadap pengaruh lingkungan serta berbagai produk perawatan kesehatan, kosmetik dan produk perawatan kulit lainnya yang dapat menyebabkan kerusakan kulit, yaitu bibir menjadi kering, pecah-pecah, dan warna yang kusam. Gagasan penelitian yang diangkat merupakan pemanfaatan salah satu tanaman dengan potensi antioksidan, yaitu biji buah durian yang dibuat menjadi sediaan lip balm, sehingga sangat baik untuk memperbaiki kulit bibir secara alami. Gagasan atau ide penelitian ini sebelumnya juga lolos pendanaan bidang riset eksakta pada Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang diadakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi melalui Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa).

Diraihnya prestasi ini diharapkan menjadi inspirasi dan motivasi bagi mahasiswa FKIK UNIB untuk terus berkarya, menghasilkan riset-riset yang produktif, serta terus semangat mengukir prestasi-prestasi selanjutnya. 

Video Profil

E-Campus

Wisuda Online E-Paper Mail Unib E-Paper E-Learning E-Jurnal Portal Akademik Digilib

Pengunjung

Pranala Luar

Kemendikbud

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Free Medical Journal

Promoting free access to medical journal

Hindawi Pubishing Cooperation

Open Access journals across many areas of science, technology, and medicine

Ikatan Dokter Indonesia

Indonesian Medical Association - organisasi Profesi bagi dokter di seluruh wilayah Indonesia

MDPI – Open Access Publishing

MDPI (Multidisciplinary Digital Publishing Institute)