Edukasi Adaptasi Kebiasaan Baru di SMAN 03 Bengkulu Tengah

Edukasi Adaptasi Kebiasaan Baru di SMAN 03 Bengkulu Tengah

Elvira Yunita, Liya Agustin Umar, Nurmeiliasari

 

            Infeksi virus Sar-Cov2 masih terus terjadi di sekitar kita meskipun pada beberapa daerah terlihat adanya penurunan kasus infeksi. Kondisi ini menjadi dasar pemangku kebijakan di Provinsi Bengkulu untuk memberikan surat edaran agar sekolah kembali dilaksanakan dengan tatap muka. Hal ini juga menjadi pembahasan di SMAN 3 Bengkulu Tengah yang akan melaksanakan sekolah tatap muka pada semester mendatang. Kondisi menyongsong adaptasi kebiasaan baru yang tengah dijalankan tersebut sangat memerlukan pengetahuan dan pemahaman yang baik mengenai protokol kesehatan. Selain itu, tindakan preventif dari kasus infeksi yang terjadi salah satunya dapat diupayakan dengan peningkatan sistem imunitas tubuh yang melibatkan protein hewani dalam prosesnya. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilaksanakan melalui penyuluhan langsung ke SMAN 03 Bengkulu Tengah. Kegiatan dilaksanakan pada hari Sabtu, 25 September 2021. Kegiatan diawali dengan pembukaan yang dilaksanakan langsung oleh Bapak Rachmat Wibowo Pora Utama, M.Pd.Si selaku Kepala Sekolah SMAN 03 Bengkulu Tengah. Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan penyampaian materi mengenai adaptasi kebiasaan baru, vaksinasi dan urgensi pemenuhan protein hewani. Kegiatan ini dihadiri oleh perwakilan siswa dan guru di Ruang Laboratorium SMAN 03 Bengkulu Tengah.

Penyampaian materi dilaksanakan melalui 3 sub materi utama yaitu mengenai vaksinasi dan adaptasi kebiasaan baru serta urgensi pemenuhan protein hewani untuk peningkatan daya tahan tubuh. Materi pertama mengenai vaksinasi disampaikan oleh dr. Novriantika Lestari, M.Biomed, materi kedua dan ketiga disampaikan oleh Elvira Yunita, S.Si, M.Biomed. Metode penyampaian materi dilakukan dengan ceramah aktif yang melibatkan audiens dalam prosesnya. Penyampaian materi berlangsung dengan baik ditandai dengan antusiasme peserta dalam mengajukan pertanyaan.

Pada bagian adaptasi kebiasaan baru, disampaikan juga simpulan materi yang tertuang dalam lagu dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang dinyanyikan bersama-sama pada kegiatan tersebut. Hal ini diharapkan dapat memberikan penekanan terutama bagi siswa di SMA tersebut untuk menaati hal-hal yang tertuang dalam adaptasi kebiasaan baru tersebut. Poin-poin yang harus senantiasa diterapkan dalam menyongsong sekolah tatap muka (sesuai anjuran pemerintah) diantaranya yaitu: 1) Pengecekan suhu tubuh sebelum berangkat ke sekolah; 2) Penggunaan masker ketika berangkat ke sekolah dan tidak melepaskannya dalam kondisi yang memungkinkan; 3) Senantiasa menjaga jarak terutama ketika dalam perjalanan menggunakan kendaraan umum; 4) Mencuci tangan menggunakan sabun setibanya di sekolah; 5) Tetap menjaga jarak ketika berinteraksi dengan guru ataupun teman di sekolah; 6) Membawa bekal dan menggunakan barang pribadi seperti peralatan makan; dan 7) Pulang sekolah langsung pulang ke rumah.

Video Profil

E-Campus

Wisuda Online E-Paper Mail Unib E-Paper E-Learning E-Jurnal Portal Akademik Digilib

Pengunjung

Pranala Luar

Kemendikbud

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Free Medical Journal

Promoting free access to medical journal

Hindawi Pubishing Cooperation

Open Access journals across many areas of science, technology, and medicine

Ikatan Dokter Indonesia

Indonesian Medical Association - organisasi Profesi bagi dokter di seluruh wilayah Indonesia

MDPI – Open Access Publishing

MDPI (Multidisciplinary Digital Publishing Institute)